Pengalaman Sidang Komprehensif Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi

Hai semuaaaa…..

Officially tepat pada hari Selasa tanggal 18 September 2018 akhirnya bisa menyertakan 2 huruf di belakang nama gue yang di tunggu-tunggu selama 4 tahun (5 tahun sebenernya krn sempat cuti hehe) yaitu “SE”
Kali ini gue mau share pengalaman gue mengenai sidang komprehensif jurusan manajemen. Kenapa gue pengen share? Sebenernya udah banyak blog yang ngebahas tentang sidang komprehensif tapi di tahun ini cukup banyak perbedaan di banding tahun sebelumnya. Gue mau share alur nya dulu mulai dari syarat daftar sidang, bebas keuangan,bebas perpustakaan,verifikasi ke sekjur,daftar sidang dan sidang. Baca terus sampai habis yaaaaa
Syarat daftar sidang 
  1. Melengkapi data di studentsite & upload foto
  2. Sudah lulus kursus & workshop
  3. SKS minimal 152
  4. IPK Lokal 2,75
  5. IPK Utama 3,00
  6. Sudah lulus 15 mata kuliah ujian utama
  7. Nilai D maksimal 4
  8. Tidak boleh ada E
Bebas keuangan
Karena gue anak Kalimalang, jadi gue bebas keuangan di loket keuangan J1 di lantai 2 loket 2. Yang harus di bawa KRS semester akhir & blanko dari semester 1-semester akhir. Kalau masih ada tunggakan gapapa, tapi kalau untuk bebas keuangan 2 (setelah sidang) itu harus lunas semua.
Bebas perpustakaan
Datang ke perpustakaan gunadarma, kalau kalimalang ada di J1 lantai 3. bawa KRS & Surat bebas keuangan, nunggu sebentar abis itu nanti di kasih kertas kecil terus di streples sama bebas keuangannya
28 Agustus 2018
Ke sekjur manajemen kampus E Gunadarma
biasanya sekjur manajemen cuma buka Rabu & Jumat tapi sepertinya karena manajemen angkatan 2014 sangat banyak mahasiswanya jadi di buka selasa-jumat kalau untuk jam sekitar jam 9 pagi – 3 sore (kalo ga salah) tapi gue otw dari Bekasi jam 7 karena mau UM dulu di kampus D, jam 11.00 gue ke sekjur untuk verifikasi. Berkas yang dibawa :
1. form foto , di isi dgn HURUH KAPITAL kemudian di tempel pasphoto hitam putih kertas Dove 4×6 4lembar, 3×4 2lembar, 2×3 3lembar (form foto download di baak->Sidang->Dokumen Sidang->Download form sidang
2. Fotocopy KRS Semester akhir
3. Printout rangkuman nilai (print dari student site)
4. Fotocopy sertifikat PI
5. Fotocopy sertifikat kursus & workshop
6. Fotocopy sertifikat test aptitude (kalau blm jadi bisa lampirkan SK aptitude)
Berkas di atas untuk yang sidang komprehensif manajemen. Kalau skripsi ada tambahan surat ACC kalo ga salah.
Semua di jadiin satu bundel di clip lalu serahkan ke sekjur manajemen. Gue nunggu sekitar setengah jam terus di panggil dan form foto di kembalikan untuk di kasih ke bagian sidang.
Daftar sidang
Next gue langsung meluncur ke kampus D ngejar daftar sidang sebelum sholat Dzuhur. Krn gue mau hari ini juga kelar, Alhamdulillah loket masih buka dan sepi.. Allah maha baik.
Loket daftar sidang itu loket 13-16 ini jadwal buka loketnya…..
IMG-20180809-WA0006
Berkas yang di kasih itu
1. Form foto
2. Fotocopy bebas keuangan (di balik nya tulis biodata kalian & tempel pasphoto 2×3 2 lembar)
3. Fotocopy ijazah SMA/sederajat legalisir
4. Fotocopy E-KTP
Gue nunggu sekitar 1 menit karena sepi terus di panggil, orang loket nya bilang “sudah sukses, tunggu 2 hari kerja terus cek student site untuk tanggal sidang nya ya mba. Nanti print sendiri dan gak perlu minta cap kesini lagi”
2 hari kemudian
Gue cek udah keluar tgl 18 September 2018. Gue bersyukur karena dapet tanggal yang menurut gue gak kecepatan & gak kelamaan. Alhamdulillah lega.. tinggal fokus belajar. Punya waktu sekitar 3 Minggu. Gue manfaatin seminggu pertama untuk nyantai, merilekskan pikiran pokoknya me time alakadarnya.
H-10
Gue rangkum 1 mata kuliah dalam 1 hari. Matkul yang di uji di sidang komprehensif manajemen adalah manajemen keuangan,manajemen pemasaran dan manajemen strategik. 3 hari gue nyicil merangkum. Lama ya? Karena gue cuma bisa merangkum pas anak gue tidur.
H-7 
Gue fokus belajar, hafalin & pahami semua materi di sela-sela kesibukan sebagai seorang ibu. Its really really hard work. Metode yang paling bikin materi permanent sampai hari H yaitu setelah hafal & paham materi lalu kita tulis lagi di kertas /laptop. Sangat worth it menurut gue. Dan yang terpenting jangan khawatir berlebih.. kita udah usaha maksimal,tinggal berdoa dan serahin semua sama Allah.. bener2 berserah pokoknya.. insyaAllah jadi tenang dan gak gampang deg2an
H-1
Deg2an itu manusiawi ya.. boleh kok khawatir atau gelisah tapi ingat jangan berlebihan. Perbanyak lagi sholat sunah,doa,dzikir,sholawat.
Gue prepare semua hal yg harus di bawa besok
-alat sholat
-materi
-powerbank
-charger hp sampe penuh
-kipas (jaga2 dapet ruangan yg sumpek)
-air minum
-cemilan
H-1 gue gak tidur siang Krn gue takut ntar malem gabisa tidur. Ohiya h-1 sore atau malam hari kita lihat ruang sidang dan pengujinya. Gue dapet ruangan di lantai 2 (lantai yg paling adem di banding lantai lain) penguji nya itu pak riskayanto,Bu Benny dan Bu Peni . Kalo pak riskayanto gue kenal karena beliau adalah dosen pembimbing  PI gue waktu semester 5, kalo Bu beny dan Bu Peni gue gak kenal. Abis solat isya gue review sebentar terus tidur jam 9 tapi gue gak bisa tidur gaesss… Sampe jam 11 gue coba merem gak berhasil akhirnya gue ke dapur goreng telor terus makan. Terus gue mensugesti pikiran supaya tenang dengan kalimat positif yang selalu berhasil bikin gue adem “jalani seperti air mengalir, lakuin yang terbaik, tenang, santai, rileks” kalimat sesimpel itu gue ulang sampel akhirnya gue berhasil pules.
18 September 2018 (ITS THE DAY!)
Gue tidur cuma 4 jam. gue bangun jam 3, tapi entah kenapa gue ngerasa cukup tidur dan seger. Langsung aja sholat tahajud terus review materi sekitar 1 jam dan di temenin anak gue (iya anak gue kebangun setengah 4) untungnya dia ga rewel, dia nemenin sambil mainan.entah kenapa senyumnya itu bikin gue siap buat menghadapi sidang ini
Adzan subuh berkumandang. Gue lanjut mandi,sholat subuh,siap2 abis itu sarapan sambil nyuapin anak gue. Jam 05.30 gue berangkat dari Bekasi naik Go-Jek Alhamdulillah ada driver yg mau pickup gue bekasi-kenari lumayan loh wkwk.  Sebelum berangkat minta maaf sama orang tua dan mohon doa restu.
Gue nyampe jam 7 kurang dan langsung masuk ke gedung. Oh iya tahun ini untuk yang sidang kompre briefing di lantai 2, untuk yang skripsi di lantai 5.
Disini gue ngobrol sama Lily kebetulan banget dia pengujinya sama kayak gue.
Jam 08.30 briefing dimulai , sekitar sejam isi biefing ada sambutan dari kepala bagian sidang pak Edi Sukirman lalu di kasih arahan dari bagian sidang juga,promosi yang mau kuliah S2 di Gunadarma juga alur setelah sidang,motivasiin biar siap dan optimis menghadapi sidang yang terbaru adalah setelah selesai sidang bisa langsung pulang karena pengumuman melalui student site hari ini juga setelah sholat Maghrib.
Abis itu di bagiin kartu sidang untuk menunggu di lantai masing2, karena gue di uji di lantai 2 jadi gue stay.
Jam 9 di suruh antri untuk absen dan gue kebagian absen nomer 8 dari 9 orang yang di uji dan Lily absen no. 9. Which is bisa jam 12 gue baru di uji. Tapi entah kenapa 3 jam lagi mau sidang gue gak begitu deg2an.. gue sambil review dikit tapi lebih banyak main hp nya sambil dzikir & sholawat.
Oh iya tips buat kalian.. kalian kalo udh belajar maksimal,paham materi tenang aja.. materi itu rapih di otak kalian. Justru kalo kalian panik,gelisah,khawatir berlebih malah bikin blank. Sebenernya kalo kalian blank itu materi gak ngilangin tapi cuma ngumpet. Intinya persiapkan mental & tenangin diri. Harus yakin dan pede tapi jgn terlalu pede.. tetap serahkan semua sama Allah.
Akhirnya 12.30 gue di panggil. Nah disini puncak deg2an tapi tetep berusaha tenang dengan tarik nafas dalam2
Pertama gue di uji manajemen pemasaran sama Bu Peni. Temen gue bilang Bu Peni galak padahal enggak, memang agak jutek tapi beliau pasti ngebantu kita kalau kita kesusahan menjawab.
Bu Peni : di pemasaran ada apa aja?
Gue : bauran pemasaran,promosi,dll gue sebutin
Bu Peni : coba jelasin bauran pemasaran
Gue : product,price,place,promotion,people (gue jelasin satu2, terus gue di suruh 7p sedangkan gue cuma belajar sampai 5p)
Bu Peni : segitu doang?
Gue : iya Bu saya cuma belajar bauran sampai situ
Bu Peni : ( ngejelasin sisanya yg gak gue tau) terus yg menentukan harga itu produksi atau marketing
Gue : produksi Bu (asli keceplosan,gue tau jawaban gue salah)
Bu Peni : yg bener marketing,kalo produksi itu blablabla….. Yaudah km cukup sama saya.
Kedua gue di uji manajemen strategik sama pak riskayanto. Percayalah beliau orangnya baik dan ngomongnya lembut enak menenangkan.
Pak riskayanto : kamu dulu sidang pi paling awal kan ya pas angkatan km
Gue : iya pak
Pak riskayanto : dulu kan km Pi tentang SKB, coba kamu jelasin bagaimana cara membuat bisnis :
Gue : (seketika blank karena gue lebih banyak belajar teori, contoh kasus SWOT sama matriks bcg. akhirnya disini gue mengandalkan logika gue.) Gue jawablah tuh pertama cari ide bisnis bla bla bla bla..
Pak riskayanto : cara dapetin ide nya itu gimana?
Gue : (pokoknya disini gue jawab bener2 pake logika doang berdasar dari pi gue dulu) kalau saya lihat dari kebutuhan pasar blablablabla… (Disini pak riskayanto ngebantu gue juga ngebenerin omongan gue yang belibet)
Pak riskayanto : oke kamu cukup sama saya, lanjut ke Bu beny ya
Lanjut manajemen keuangan.
Bu beny : kamu belajar apa aja?
Gue : pengertian MK,tujuan,fungsi MK,laporan keuangan,rasio keuangan,penilaian investasi dan konsep modal kerja
Bu beny : jelasin fungsi MK
Gue : ada perencanaan aliran kas,pengendalian laba,budgeting blablabla (disini ada yg di bantu juga sama Bu beny, dan beliau nerangin lebih jelas. Sempet ada pertanyaan bercabang tapi gue lupa pokoknya mah berhubungan dgn fungsi mk)
Bu beny : laporan keuangan itu apa?
Gue : laporan yg berisi angka2 blablabla
Bu beny : laporan keuangan berguna buat siapa aja?
Gue : investor,pemerintah,dll gue sebutin
Bu beny : pemerintah knp butuh?
Gue : untuk pajak blablabla terus Bu beny ngebenerin omongan gue yg keliru
Bu beny : oke kamu selesai. Tolong panggilan si anu ya (sebelum gue ada yg di suruh keluar buat belajar lagi soale)
Gue di uji masing-masing mata kuliah itu sekitar 10 menit, jadi total 30 menit gue di sidang.
Gue keluar dengan perasaan lega selega leganya tapi entah kenapa gue ngerasa kurang maksimal dlm menjawab Krn banyak di bantu penguji tapi di sisi lain gue bersyukur karena dapet penguji yang gak galak.
Gue nunggu temen gue yg sidang absen no 9 abis itu baru keluar gedung untuk nemuin supporter2 wkwk.. padahal belum tau hasilnya tapi udah pada nyambut bahagia. Abis sholat dzuhur langsung foto-foto deh.
Gue pulang jam 3 sore. nyampe rumah jam 5  terus abis maghrib cek studentsite dan hasilnya Alhamdulilah LULUS!
Seketika langsung nangis bahagia terus kasih tau keluarga dan langsung meluk mama.
Ini aku kasih beberapa tips
Tips sidang :
-minta maaf ke orang tua,dan mohon doa restu
-banyakin ibadah
-bawa air & cemilan
-ucapkan salam & salim ke penguji
-senyum tapi jangan cengengesan
-jaga etika
-kalo menjawab tatap mata dosennya terus ngomong santai,kalem (jangan cepet2, jangan sok pinter)
-Apabila penguji membuat pertanyaan bercabang, usahakan untuk bisa jawab walaupun pake logika dan agak gak nyambung dr jawaban yg diminta.
Thanks to :
Allah SWT
Nabi Muhammad Saw
Orang tuaku
Suami & anakku
Seluruh keluargaku
Keluarga BEMFE
Keluarga 4EA27
Sinta yang udah minjemin buku
Tiara yang udah memberikan arahan
Dan semua yang gak bisa di sebut satu2 yang udah mendoakan hal baik.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian yang akan menghadapi sidang komprehensif / kompre ya..

2 thoughts on “Pengalaman Sidang Komprehensif Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi

    • Felika Tabita says:

      Kalau ga salah paket kompre itu sudah otomatis dari ipk. Waktu itu aku udah otomatis ada di studentsite matakuliah yg di ujikan. Matkul wajib itu manajemen keuangan & manajemen pemasaran dan yg pilihan itu ada 3 tapi aku lupa,ingetnya manajemen strategik aja. Tapi hampir semua mahasiswa kompre kayaknya dapet keuangan,pemasaran&strategik. Semoga jawaban ini membantu ya..

Leave a comment